TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme
xxxvii + 243 hlm; 12,5 x 18 cm
ISBN: 979-9340-06-3

Harga: Rp.20.000

Ketika sistem pendidikan Islam tradisional semakin dirasakan tertinggal jauh di belakang,orang mulai mencari pendidikan Islam yang modern, yang bersifat akomodatif terhadap ilmu pengetahuan modern (yang nota bene dari Barat), namun tetap berjalan di atas rel nilai-nilai Islami yang bersumber dari Al-Quran sebagai landasan etika moral bagi pendidikan Islam.

Fazlur Rahman, seorang tokoh neo-modernisme Islam yang concren pada masalah pendidikan, mencoba memberi solusi untuk memperbarui perndidikan Islam’ salah satunya dengan mengubah pandangan dikotomis terhadap ilmu pengetahuan, dengan mengintegrasikan ilmu-ilmu agama dengan ilmu-ilmu umum secara organis dan menyeluruh.

Bagaimana pemikirannya tentang intelektualisme Islam sebagai esensi pendidikan Islam, permasalahan mendasar yang dihadapi dunia pendidikan Islam beserta solusinya, dapat anda simak dalam kajian yang tersaji dalam buku ini.

Daftar Isi
  • Bab I. Pendahuluan
  • Bab II. Fazlur Rahman dan Neomodernisme Islam
  • Bab III. Karakteristik Neomodernisme Islam
  • Bab IV. Implikasi Neomodernisme Islam terhadap Intelekttualisme Islam
  • Bab V. Penutup
  • Daftar Kepustakaan
  • Indeks
  • Sekilas Tentang Penulis
K o l e k s i    B u k u :
PENDIDIKAN

Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

Tadkiroatun Musfiroh
Psikolinguistik:
Sebuah Pengantar

Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

Tadkiroatun Musfiroh
Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
(Seri Psikolinguistik)

Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Farida Agus Setiawati dkk.
Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Suryati Sidharto
Rita Eka Izzaty
Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam

Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro

Abd al-Fattah Abu Ghuddah
40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

Syahrin Harahap (editor)
Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

Azwar Anas dkk.
Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

A. Syafi'i Ma'arif
Pendidikan Islam di Indonesia
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana