TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep
xiv + 276 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 979-9340-54-3

Harga: Rp.39.000

[Kediri] ayah seorang siswa menghajar seorang guru SD di depan kelas. [Pati] seorang ibu guru SD menghukum murid-muridnya yang tidak mengerjakan PR dengan menusukkan paku yang dipanaskan ke tangan siswa. [Bengkalis] seorang guru SD menghukum muridnya dengan lari keliling lapangan dalam kondisi telanjang bulat. [Yogyakarta] karena tidak berbusana Kartinian, seorang siswa SMU ditelanjangi di hadapan rekan-rekannya hingga tinggal mengenakan celana dalam[Padang] seorang siswa SMK menikam hingga tewas teman sekolahnya yang tinggal satu kos dengannya, hanya karena korban tidak mau memasakkan nasi...

Peristiwa-peristiwa di atas menunjukkan betapa kekerasan telah merajalela di dunia pendidikan. Mengapa semua ini bisa terjadi? Selama ini, proses pendidikan di tanah air memang terlalu menekankan aspek kognitif, dan kurang memberi perhatian pada aspek afektif. Atas dasar ini, penulis buku ini menekankjan peran penting dari aspek afektif dalam pendidikan. Salah satu caranya adalah dengan mengintrodusir ?budaya damai? (culture of peace) dalam pendidikan. Dan ini bisa dilakukan dengan menerapkan konsep pendidikan tanpa kekerasan (non-violence education) atau pendidikan damai (peace education).

Materi buku ini merupakan pengembangan dari hasil penelitian mengenai kasus-kasus kekerasan dalam pendidikan di Indonesia. Dari kasus-kasus yang ada, penulis kemudian menyusun tipologi kasus dan kondisi kekerasan dalam dunia pendidikan; menerangkan konsepsi ?pendidikan tanpa kekerasan?/?pendidikan damai?, dan menyajikan beberapa contoh model pembelajaran atas konsepsi tersebut. Di samping itu, penulis juga melengkapi penjelasan tentang pendidikan damai tersebut dari perspektif pendidikan Islam.

Uraian materi dalam buku ini disajikan dengan bahasa lugas, dan disertai ilustrasi skema, tabel, grafik, ringkasan, juga anekdot. Dengan cara ini, diharapkan materi bahasan menjadi lebih akrab dengan pembaca.

Daftar Isi
  • Bab 1. Pendahuluan
  • Bab 2. Kekerasan Dalam Pendidikan
  • Bab 3. Konsep Pendidikan Tanpa Kekerasan
  • Bab 4. Perspektif Pendidikan Islam
  • Penutup
  • Lampiran
  • Indeks
K o l e k s i    B u k u :
PENDIDIKAN

Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

Tadkiroatun Musfiroh
Psikolinguistik:
Sebuah Pengantar

Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

Tadkiroatun Musfiroh
Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
(Seri Psikolinguistik)

Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Farida Agus Setiawati dkk.
Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Suryati Sidharto
Rita Eka Izzaty
Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam

Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro

Abd al-Fattah Abu Ghuddah
40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

Syahrin Harahap (editor)
Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

Azwar Anas dkk.
Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

A. Syafi'i Ma'arif
Pendidikan Islam di Indonesia
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana