TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia
xxiv + 202 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 979-9340-55-1

Harga: Rp.30.000

Di dalam buku ini, Dr. Saerozi, M.Ag. mengangkat topik pluralisme agama dan dinamikanya dalam berbagai kebijaksanaan pendidikan agama yang pernah terjadi di Indonesia, yakni pada masa penjajahan Portugis, masa kekuasaan VOC, masa penjajahan Hindia Belanda, dan masa Indonesia merdeka.

Dari jalan-panjang tersebut, penulis buku ini berpendapat bahwa Indonesia yang multi etnik dan multi agama, memerlukan kebijaksanaan pendidikan agama yang mampu memberdayakan Kelompok Keyakinan Minoritas (KKM), sehingga negara bersih dari pola dominasi maupun pola penerlantaran. Kebijaksanan pemberdayaan itu bersumber dan konsep ?pluralisme agama konfesional?.

Multikultural (dalam makna multi etnik dan multi agama) telah menimbulakn masalah di dunia sejak akhir tahun 1980-an. Di samping itu, muncul pula konsep pluralisme budaya. Kemunculan masalah dan konsep tersebut terjadi pada masa setelah kemunculan pemikiran bhineka dan founding-fathers Indonesia 35 tahun sebelumya.

***


Saya mengucapkan terima kasih kepada Dr. Saerozi yang dengan analisa sejarahnya telah berhasil mengungkapkan salah satu obsesi saya tentang pemikiran besar pluralisme konfesional. Bahkan juga untuk mengingatka para pemegang kebijakan sesudah tahun 19945 sampai sekarang dan masa depan, agar tidak terus membiarkan adanya pergeseran tafsir atas pluralisme konfesional.
Prof. Dr. H. Noeng Muhadjir

Kini ada pemikiran dan upaya yang lebih intens untuk mengkaji pendidika agama dalam kaitannya dengan pengembangan pluralisme. Titik tekannya pada pluralisme dari segi agama, suku bangsa, dan kultur. Itu adalah sesuatu yang positif. Dikatakan demikian karena dari aspek normatif, agama memberi sejumlah pedoman untuk menyikapi kemajemukan semacam itu. Dari segi historis, umat beragam telah memiliki berbagai pengalaman yang dapat menyadarkan bahwa keharmonisan hidup bersama merupakan suatu keharusan di dalam hidup.
Prof. Dr. H. Faisal Ismail, MA.

Daftar Isi
  • Abstrak
  • Kata Pengantar: Prof. Dr. H. Noeng Muhadjir
  • Kata Pengantar: Prof. Dr. H. Faisal Ismail, MA
  • Daftar Isi
  • Daftar Tabel
    • Bab 1. Pendahuluan
    • Bab 2. Konfesionalitas Kebijaksanaan Pendidikan Nasional
    • Bab 3. Sejarah Sistem Konfesional
    • Bab 4. Sistem Konfesional di Era Pluralisme
    • Bab 5. Penutup
  • Daftar Pustaka
  • Indeks
  • Tentang Penulis
K o l e k s i    B u k u :
PENDIDIKAN

Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

Tadkiroatun Musfiroh
Psikolinguistik:
Sebuah Pengantar

Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

Tadkiroatun Musfiroh
Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
(Seri Psikolinguistik)

Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Farida Agus Setiawati dkk.
Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Suryati Sidharto
Rita Eka Izzaty
Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam

Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro

Abd al-Fattah Abu Ghuddah
40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

Syahrin Harahap (editor)
Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

Azwar Anas dkk.
Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

A. Syafi'i Ma'arif
Pendidikan Islam di Indonesia
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana