|
|
| |
|
|
Muhammad Jawwad Ridla
Tiga Aliran Utama Teori Pendidikan Islam: Perspektif Sosiologis-Filosofis
xiv + 224 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 979-9340-42-X
Harga: Rp.33.000 | Buku ini memiliki ciri khas, karena dibahas dan dikembangkan melalui pendekatan sosiologis-filosofis yang difokuskan pada "obsesi-obsesi" kependidikan manusia sekaligus tujuan yang ingin direalisasikannya, baik berupa tujuan agamawi, etik maupun tujuan sosialnya.
Dengan pendekatan tersebut kajian ini membuktikan bahwa dinamika oemikiran pendidikan Islam merupakan bagian yang tak terpisahkan dari fenomena-fenomena peradaban Islam lainnya, karena dinamika pemikiran pendidikan, baik secara progresif maupun regresif merupakan bagian integral dari dinamika peradaban Islam secara umum. Teori pendidikan Islam pada hakikatnya tunduk pada logika sejarah, seperti ketundukan aspek-aspek lain dari pemikiran keislaman.
| |
Daftar Isi
- Pengantar Penerbit
- Kata Pengantar Penerjemah
- Pendahuluan
- Pengakuan dan Penghargaan
- Bab Pertama
Islam sebagai Sebuah "Madrasah"
- Bab Kedua
Sumber Sosial_filosofis Pemikiran Pendidikan Islam
- Bab Ketiga
Aliran-Aliran Utama dalam Pemikiran Pendidikan Islam
- Bab Keempat
Al-Ghazali dan Kecenderungan Konservatif dalam Pemikiran Pendidikan Islam
- Bab Kelima
Ikhwan Al-Shafa dan Pemikiran Rasionalnya dalam Pemikiran Pendidikan Islam
- Bab Keenam
Ibnu Khaldun dan Kecendurangan Pragmatis dalam Pemikiran Pendidikan Islam
- Bab Ketujuh
Teori Pendidikan Islam
- Indeks
- Biodata Penerjemah
| |
|
|
|
|
|