TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Pangesti Wiedarti, Ph.D. (editor)
Menuju Budaya Menulis, Suatu Bunga Rampai
xx + 206 hlm; 17 x 25 cm
ISBN: 979-9340-85-3

Harga: Rp.42.000

Menulis pada dasarnya adalah pekerjaan hati, kemauan hati. Hal yang akan ditulis bergantung sepenuhnya kepada kemauan si penulis. Jika kemudian muncul berbagai norma, pranata, dan aturan lainnya, semua itu sesungguhnya sekedar menjadi alat bantu untuk menjaga konsistensi dan kompetensi kemauan hati, dan bukan sebaliknya.
Indonesia yang dikenal ramah penduduknya, ternyata lebih kuat dicirikan oleh budaya lisan, dan belum dicirikan oleh budaya menulis. Dilihat dari jumlah terbitan misalnya, sebagaimana dinyatakan Hardjoprakoso (1997), Indonesia baru mampu menghadirkan 4000-5000 judul buku baru per tahun. Padahal, Malaysia, dengan jumlah penduduk sekitar sepersepuluh dari jumlah penduduk Indonesia, bisa menghadirkan 6000-7000 judul per tahun. Itu baru dari segi jumlah, dan belum mengenai kualitas tulisannya.
Sinyalemen ketertinggalan di atas mendorong Panitia Seminar Nasional PIBSI (Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia) XXVII tahun 2005 untuk mengangkat persoalan tersebut melalui tema seminar: Optimalisasi Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Membangun Budaya Menulis. Dari seminar yang diikuti oleh para dosen Bahasa dan Sastra Indonesia tersebut, diharapkan muncul berbagai terobosan untuk menggalakkan budaya menulis.
Upaya untuk membudayakan menulis seperti dimaksud bisa ditempuh melalui beberapa cara, seperti pembelajaran keterampilan menulis, pembinaan keterampilan menulis, dan penciptaan keberanian menulis, serta upaya penerbitan tulisan. Untuk hal yang terakhir, wujud dan materinya sangat bervariasi, seperti tulisan fiksi (cerita pendek, puisi, novel, naskah drama, dan skenario film), tulisan artikel dan tulisan ilmiah (artikel ilmiah; artikel ilmiah populer; karya ilmiah dari para peneliti, dosen, mahasiswa, siswa sekolah menengah), artikel koran dan majalah, serta tulisan tentang bidang ilmu tertentu (baik berupa buku referensi, buku acuan, buku ajar, buku pengayaan materi, buku praktis, dan sebagainya). Yang perlu digarisbawahi adalah, bahwa pembekalan keterampilan menulis dapat disampaikan di berbagai lingkungan pendidikan, baik di lingkungan pendidikan formal (dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi), lingkungan pendidikan informal (keluarga), maupun di lingkungan pendidikan nonformal (masyarakat).
Naskah buku ini adalah bunga rampai dari duapuluh tujuh (27) pemikiran yang berkembang di dalam Seminar Nasional PIBSI XXVII tahun 2005. Dilihat dari materinya, sumbangan pemikiran tersebut dikelompokkan menjadi tiga bagian, yakni bagian pertama tentang budaya menulis karya ilmiah, bagian kedua tentang budaya menulis karya sastra dan kritik sastra, dan bagian ketiga tentang pembelajaran menulis. Pembagian materi ini diharapkan dapat memudahkan pembacaan alur masalah di dunia kepenulisan.
Seorang penulis, yang piawai sekalipun apalagi bagi penulis pemula, senantiasa memerlukan pembelajaran. Sebab, fenomena yang hendak ditulisnya selalu bersentuhan dengan nuansa aktual, serta mengiringi perkembangan alur berpikir sang penulis tersebut. Demikianlah, menulis memang proses kreatif yang tak ada ujung. Dan karenanya pembelajaran sepatutnya dilakukan sepanjang hayat.

Daftar Isi
  • Prakata
  • Ucapan Terima Kasih
  • Kata Pengantar Editor
  • Daftar Isi
    • BAG. I. Menuju Budaya Menulis Karya Ilmiah
      • Peningkatan Penggunaan Bahasa Ilmiah dalam Membangun Budaya Menulis
        Chaedar Alwasilah
      • Membangun Komunitas Tulis
        (Sudartomo)
      • Setelah MKU Bahasa Indonesia Digugat: Seputar Program Peningkatan Penggunaan Bahasa Ilmiah di Universitas Lampung
        (Muhamad Fuad)
      • Menulis Tidak Semudah Membaca:
        Seputar Keluhan Mahasiswa terhadap Penulisan Karya Ilmiah
        (Siti Maslakhah)
      • Peningkatan Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Nonskripsi Melalui Desain Pembinaan Karya Ilmiah Mahasiswa
        (Tommi Yuniawan)
      • Berbagai Kesalahan Mekanik dalam Karya Ilmiah Mahasiswa
        (Ari Listyorini)
      • Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Ilmiah:
        Studi pada Artikel Jurnal Mimbar Pendidikan
        (Khaerudin Kurniawan)
      • Praktik dan Problem Menulis di Indonesia
        (Aprinus Salam)
      • Interpretasi Kurikulum dalam Penulisan Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
        (Maman Suryaman)
    • BAG. II. Menuju Budaya Menulis Karya Sastra dan Kritik Sastra
      • Bagaimana Menulis Kreatif, Sebuah Materi Disusun dengan Perspektif Masa Kini
        (Bakdi Soemanto)
      • Membangun(kan) Motivasi Penulisan Artikel: Analogisasi Bebas pada Kisah Kelahiran Bayi
        (Imam Baehaqie)
      • Kreasi, Rekreasi, dan Re-Kreasi Sastra: Sebagai bagian dari Penulisan Kreatif
        (Asep Yuda Wirajaya)
      • Penulisan Kreatif, Sentuhan Keteladanan Sebagai Penggugah Kesadaran
        (Heru S.P. Saputra)
      • Menempatkan Kritik Sastra Sebagai Bagian Integral Studi Sastra
        (Else Liliani)
      • Teenlit dan Budaya Menulis di Kalangan Remaja
        (Kusmarwanti)
      • Tradisi Penulisan Kritik Sastra Indonesia:
        Refleksi terhadap Minimnya Kritikus Sastra Perempuan
        (Wiyatmi)
      • Penulisan Resensi Sebagai Perwujudan serta Pemicu Minat Baca
        Mursia Ekawati
      • Menulis Sebagai Strategi Diskursif
        (Nurhadi)
    • BAG. III. Menuju Pembelajaran Menulis
      • Harmoni Kecerdasan Intelektual, Emosional, dan Spiritual dalam Pembelajaran Menulis
        (Ari Kusmiatun)
      • Mengoptimalkan Kemampuan Menulis Anak Melalui Rangsangan Membaca Sejak Dini
        (Dwi Budiyanto)
      • Menulis Awal dan Perkembangannya
        (Tadkiroatun Musfiroh)
      • Berbagai Teknik PenilaianKompetenti Menulis dengan Instrumen Nontes
        (Sudaryanto)
      • Implementasi Life Skills dalam Pembelajaran Menulis
        (Wagiran)
      • Materi Pembelajaran Menulis Berkadar Pragmatik
        Pranowo
      • Model Konteks Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi
        (Isah Cahyani)
      • Pembelajaran Menulis Artikel Ilmiah Populer di SMA
        (Sugihastuti)
      • Pemanfaatan Ragam Bahasa Jurnalistik di Media Massa
        (Suroso)
K o l e k s i    B u k u :
BAHASA & SASTRA

Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum
Psikolinguistik Edukasional
Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa
Edisi Kedua

Hary Gunarto
Glossary of Information Technology and Computer Terms : English-Indonesian-Malay

Mabel Powers
Dongeng Anak Indian Iroquois

Dr. Mulyana, M.Hum.
Bahasa Jawa Kreatif:
Panduan Lengkap Menulis dalam Bahasa Jawa

Soeparno
Dasar-Dasar Linguistik Umum, Edisi Kedua

Safarina HD
Parkit: Sebuah Antologi Puisi

Tri Irianto
Bau Bayi Terapiku dan 20 Cerita Pendek Lainnya

Kariyoso Haji
Bianglala Gerimis Senja
(Jangan Pernah Ragukan Cintaku)

Pardi Suratno & Yudianti Herawati
Perjalanan Puisi Kalimantan Timur: dari Orde Lama hingga Kontemporer

Prof. Soeparno
Aliran Tagmemik: Teori, Analisis, dan Penerapan dalam Pembelajaran Bahasa

Anwar Efendi
Bahasa & Sastra Dalam Berbagai Perspektif

Dr. Ibnu Burdah, MA
Bahasa Arab Internasional

Ahmad Sangid & Indra Gunawan
Kamus Percakapan Bahasa Arab Sehari-Hari

Anies MQ
Duh Gusti, Ajari Aku Jatuh Cinta
a poetical diary by Anies MQ

Pangesti Wiedarti, Ph.D. (editor)
Menuju Budaya Menulis, Suatu Bunga Rampai

H.Akhmad Sangid
Kamus Istilah Arab Indonesia

Mulyana
Kajian Wacana

Ibnu Burdah
Menjadi Penerjemah: Metode dan Wawasan Menerjemah Teks Arab

Dibyo
Samin, Manusia Kontroversial

F.C. Winter dan T. Soegiatno
Kamus Jawa-Belanda, Belanda-Jawa
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana