TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro
xvi + 240 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 979-9340-75-6

Harga: Rp.43.000

Tidak lama setelah Hiroshima dan Nagasaki hancur dibom atom oleh Amerika Serikat pada tahun 1942, pertanyaan pertama yang mengusik kegundahan Kaisar Hirohito (Kaisar Jepang waktu itu) adalah berapa banyak guru yang selamat dari pemboman tersebut. Peristiwa ini pada dasarnya membawa pesan universal: betapa pentingnya guru bagi suatu bangsa, sehingga ketika berada dalam keadaan katastropis, perhatian pertama dari seorang pemimpin bangsa itu adalah nasib para guru dari bangsa tersebut.
Kini, arti penting guru seperti itu dimanifestasikan secara rasional melalui kaidah-kaidah kompetensi, seperti kompetensi mengajar, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Kompetensi mengajar berkaitan dengan penguasaan sejumlah keterampilan mengajar; sedangkan kompetensi profesional dan kompetensi sosial secara implisit tercakup di dalam penguasaan kompetensi mengajar. Dalam arti, guru dengan kompetensi mengajar yang baik dan bertanggung jawab diasumsikan akan secara simultan menguasai kompetensi profesional dan kompetensi sosial.
Bagaimanakah implementasi kaidah-kaidah kompetensi tersebut diwujudkan pada tataran praktik? Situasi pengajaran macam apa yang perlu ditumbuhkan? Apa saja perangkat yang diperlukan untuk memfasilitasi pengajaran yang kompeten? Buku ini berusaha menyajikan semacam 'panduan' pengajaran di tingkat praktis tersebut. Secara lebih mendalam, pembahasan buku ini mencakup beberapa aspek, yakni pengajaran mikro, perencanaan pengajaran, kompetensi dasar mengajar, interaksi pengajaran, media pengajaran, supervisi klinis, dan evaluasi dalam pengajaran mikro.
Melalui uraian kalimat yang mengalir, dan dilengkapi berbagai ilustrasi pendukung, buku ini pantas digunakan sebagai acuan dalam peningkatan dan pengasahan keterampilan mengajar bagi para calon instruktur, pembimbing calon guru, guru senior, guru pemula, dan tentunya bagi para calon guru.

Daftar Isi
  • Bab I. PENGAJARAN MIKRO
    • A.Pendahuluan
      B.Pengajaran Mikro Sebagai Pembentuk Keterampilan Dasar Mengajar
      C.Pelaksanan Pengajaran Mikro
      D.Kasus-kasus dalam Pengajaran Mikro
  • Bab II. PERENCANAAN PEMBELAJARAN
    • A.Perencanaan Pembelajaran Sebagai Suatu Sistem
      B.Konsep Dasar dan Pengertian Perencanaan Pembelajaran
      C.Model-model Perencanaan Pembelajaran
      D.Perencanaan Pembelajaran Model PPSI
      E.Perencanaan Pengajaran Model KBK
  • Bab III. KOMPETENSI DASAR MENGAJAR
    • A.Pendahuluan
      B.Kompetensi Dasar Mengajar
  • Bab IV. INTERAKSI PEMBELAJARAN
    • A.Proses Komunikasi
      B.Bentuk-bentuk Komunikasi Pembelajaran
      C.Jenis-jenis Komunikasi
      D.Komponen Keterampilan Berkomunikasi Antar Pribadi
      E.Pendekatan Pembelajaran
      F.Metode Pembelajaran
      G.Sumber, Media dan Alat Pembelajaran
      H.Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL)
  • Bab V. MEDIA PEMBELAJARAN
    • A.Pendahuluan
      B.Klasifikasi Media Pembelajaran
      C.Jenis dan Karakteristik Media Pembelajaran
      D.Nilai Praktis Media Pembelajaran
      E.Kelaikan Media
      F.Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Media Pembelajaran
      G.Media Pembelajaran Dua Dimensi Non Projeksi
      H.Jenis-jenis Media
  • Bab VI. SUPERVISI KLINIS
    • A.Pendahuluan
      B.Pengertian Supervisi dan Supervisi Klinis
      C.Beberapa Penelitian Supervisi Klinis
      D.Karakteristik Supervisi Klinis
      E.Tujuan Supervisi Klinis
      F.Prinsip Supervisi Klinis
      G.Siklus/langkah Supervisi Klinis
      H.Tahapan Supervisi Klinis
      I.Lembar Supervisi
  • Bab VII. EVALUASI DALAM PENGAJARAN MIKRO
    • A.Pengembangan Sistem Penilaian/Evaluasi Berbasis Kompetensi
      B.Penilaian Pengajaran Mikro
  • DAFTAR PUSTAKA
K o l e k s i    B u k u :
PENDIDIKAN

Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

Tadkiroatun Musfiroh
Psikolinguistik:
Sebuah Pengantar

Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

Tadkiroatun Musfiroh
Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
(Seri Psikolinguistik)

Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Farida Agus Setiawati dkk.
Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Suryati Sidharto
Rita Eka Izzaty
Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam

Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro

Abd al-Fattah Abu Ghuddah
40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

Syahrin Harahap (editor)
Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

Azwar Anas dkk.
Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

A. Syafi'i Ma'arif
Pendidikan Islam di Indonesia
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana