TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam
xxiv + 244 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 979-9340-81-0

Harga: Rp.42.000

Melalui pendekatan historis dan filosofis, kajian buku ini menapaki ikhtiar perkembangan lembaga pendidikan Islam beserta metode-metode pengajaran yang mengiringinya. Modus kajian seperti ini juga dilakukan, misalnya, Mohammad Abid al-Jabiri melalui al-turas wa al-hadasah. Ia menggagas reformasi pemikiran Islam dengan perspektif dekonstruksi untuk mendamaikan pertarungan antara tradisi dan modernitas. Ilmuwan lain, seperti Hassan Hanafi dalam al-turas wa al-tajdid, menawarkan formula reformasi pemikiran Islam dengan pendekatan rekonstruktif, yaitu melihat tradisi dengan metode pembangunan kembali. Maksudnya, agar tradisi suatu masyarakat agama tetap hidup dan dapat terus diterima, maka ia harus dibangun kembali secara baru (iadah buniyat min jadid) dengan kerangka modern dan prasyarat yang rasional.

Materi buku ini terbagi atas empat bagian. Bagian pertama berisi kajian tentang pendidikan Islam dalam lintasan sejarah. Di dalamnya dilukiskan perjalanan pendidikan Islam ketika mengalami transformasi dan pencerahan intelektual. Berbagai lembaga pendidikan Islam yang bermunculan pada masa itu kemudian menjadi pusat kajian (Islamic Center) bagi kaum Muslim. Pada bagian kedua dibahas perspektif filsafat mengenai pendidikan Islam. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa manajemen sumber daya manusia dan manajemen lembaga pendidikan Islam merupakan pilar utama yang menopang terjadinya pembaruan pendidikan Islam, baik dalam bentuk revitalisasi atau rekonstruksi. Pada bagian ketiga dikaji tantangan-tantangan pendidikan Islam di era kontemporer, seperti isu-isu globalisasi, pluralisme, integrasi bangsa, otonomi daerah dan civil society. Sedangkan pada bagian keempat dikaji berbagai dilema dan persoalan yang dihadapi oleh perguruan tinggi Islam dewasa ini, seperti masalah kurikulum, tenaga pengajar, manajemen pendidikan, visi dan misi perguruan tinggi, serta praktik perkuliahan. Melalui keempat agenda kajian tersebut, buku ini diharapkan dapat menjembatani antara tuntutan masyarakat di satu sisi, dan kesiapan konsep pemikiran dari para perancang sistem pendidikan Islam di sisi yang lain, dalam menyusun blue print bagi reformulasi dan reorientasi sistem pendidikan Islam di Indonesia.***

Daftar isi
  • Bagian I: Pendidikan Islam dalam Tinjauan Historis
    • 1.Transformasi Tradisi Intelektual
      2.Madrasah Nizamiyyah: Sejarah dan Perkembangannya
      3.Universitas Islam Abad Pertengahan
  • Bagian II: Pendidikan Islam dalam Tinjauan Pembaruan
    • 4.Pendidikan Islam dan Pengembangan Potensi Manusia
      5.Pembaruan Pendidikan Islam: Telaah, Cita-cita, dan Lembaga
      6.Masjid: Revitalisasi Lembaga Pendidikan Islam
      7.Rekonstruksi Pendidikan Islam: Telaah Pemikiran Iqbal
  • Bagian III: Pendidikan Islam dan Isu-Isu Kontemporer
    • 8.Globalisasi dan Tantangan Pendidikan Islam
      9.Pendidikan Islam, Pluralisme dan Integrasi Bangsa
      10.Kebutuhan Pendidikan Bermutu di Era Otonomi Daerah
      11.Pembentukan Civil Society Melalui Demokratisasi Pendidikan
  • Bagian IV: Tantangan Perguruan Tinggi Islam
    • 12.Optimalisasi Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi
      13.Kesiapan Perguruan Tinggi Islam Memasuki Abad Ke-21
      14.Visi IAIN: Wacana Konstruktif Pemberdayaan Perguruan Tinggi Islam di Era Kontemporer
      15.Praktik Perkuliahan dan Teori Konstruktivisme: Pengalaman Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang
  • Daftar Pustaka
  • Indeks
K o l e k s i    B u k u :
PENDIDIKAN

Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

Tadkiroatun Musfiroh
Psikolinguistik:
Sebuah Pengantar

Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

Tadkiroatun Musfiroh
Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
(Seri Psikolinguistik)

Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Farida Agus Setiawati dkk.
Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Suryati Sidharto
Rita Eka Izzaty
Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam

Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro

Abd al-Fattah Abu Ghuddah
40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

Syahrin Harahap (editor)
Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

Azwar Anas dkk.
Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

A. Syafi'i Ma'arif
Pendidikan Islam di Indonesia
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana