TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini
x + 36 hlm; 17 x 25 cm
ISBN: 979-1262-05-5

Harga: Rp.16.000

Social capital (modal sosial) merupakan modal kehidupan untuk menyelesaikan berbagai konflik dari berbagai persoalan. Social capital terbentuk melalui kesadaran mendalam bahwa manusia pada hakikatnya diciptakan secara berbeda-beda. Oleh karena itu, perbedaan dalam pendapat, persepsi dan tujuan menjadi suatu keniscayaan. Toleransi, pengertian, dan penghargaan atas keberagaman dan perbedaan inilah yang menjadi modal utama mewujudkan social capital.

Kemampuan menerima dan menghargai perbedaan perlu semenjak dini ditanamkan pada diri setiap orang. Demikian pula, pada seorang anak, perlu dibekali social life skill, seperti belajar untuk menerima dan belajar untuk menghadapi perbedaan. Di samping itu melalui social life skill, seorang anak juga akan belajar menyikapi rasa suka atau tidak suka, setuju atau tidak, cocok atau tidak. Social life skill pada anak seperti itu dapat dimulai dari kurikulum di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD).

Peningkatan dalam perilaku dapat ditingkatkan melalui program-program pendidikan, pembiasan dan stimulasi lain yang tepat bagi anak. Berpijak pada kepentingan di atas, penyusunan Modul Social Life Skill ini utamanya dimaksudkan untuk membantu para guru, orang tua, dan juga dinas pendidikan untuk memperoleh acuan dalam menanamkan social life skill pada anak usia dini. Seri Social Life Skill ini disusun dalam tiga modul; yakni:

Modul 1: EMPATI
Modul 2: AFILIASI & RESOLUSI KONFLIK
Modul 3: PENEGMBANGAN KEBIASAAN POSITIF

Lebih jauh, buku ini diharapkan dapat membawa perubahan pelaksanaan program kegiatan belajar TK tentang aspek-aspek social life skill agar diebrikan secara proporsional.[***]

Daftar Isi
  • v.  Prakata
  • ix.  Daftar Isi
    • 1. Pendahuluan
      4. Kegiatan Belajar 1: Komunikasi Dua Arah
      13. Kegiatan Belajar 2: Kerjasama
      26. Kegiatan Belajar 3: Resolusi Konflik
    K o l e k s i    B u k u :
    PENDIDIKAN

    Muh. Saerozi
    Pembaruan Pendidikan Islam:
    Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

    Tadkiroatun Musfiroh
    Psikolinguistik:
    Sebuah Pengantar

    Tadkiroatun Musfiroh
    Show and Tell Edukatif:
    Panduan Pengembangan Social Skill
    Anak Usia Dini

    Tadkiroatun Musfiroh
    Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
    (Seri Psikolinguistik)

    Arismantoro (peny.)
    Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

    Mbak Itadz
    Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

    Agus Salim. MS dkk
    Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

    Sri Sulistyorini
    Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

    Tadkiroatun Musfiroh
    Ni Nyoman Seriati
    Yulia Ayriza
    Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

    Farida Agus Setiawati dkk.
    Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

    Suryati Sidharto
    Rita Eka Izzaty
    Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

    Abdullah Idi dan Toto Suharto
    Revitalisasi Pendidikan Islam

    Suwarna, dkk.
    Pengajaran Mikro

    Abd al-Fattah Abu Ghuddah
    40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

    M. Saerozi
    Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

    Abdurrahman Assegaf
    Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

    Haidar Putra Daulay
    Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

    Syarif Hidayatullah
    Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

    Syahrin Harahap (editor)
    Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

    Azwar Anas dkk.
    Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

    A. Syafi'i Ma'arif
    Pendidikan Islam di Indonesia
     Copyright © 2017
    Website designed by
    Penerbit Tiara Wacana