TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP
x + 122 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 979-1262-02-0

Harga: Rp.25.000

Semangat dari diberlakukannya Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah agar siswa belajar secara aktif. Ini berarti bahwa pengembangan kompetensi peserta didik perlu disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan. Oleh karenanya, para guru dan juga mahasiswa calon guru dituntut lebih kreatif dalam mengembangkan pembelajaran sehingga memungkinkan siswa dapat berekspresi melalui kegiatan-berbagai kegiatan yang nyata, yang menyenangkan, dan yang mampu mengembangkan potensi siswa secara optimal. Hanya dengan cara yang demikian, hakikat dari kehadiran seorang guru benar-benar dirasakan oleh setiap peserta didik. Apalagi- sebagaimana dikatakan Prof. Dr. Don Elly (Ahli teknologi pembelajaran dari Universitas Syracius, As)- kehadiran guru adlaah kesempurnaan dalamproses belajar yang tak akan tergantikan oleh media apapun.

Buku ini diharapkan dapat membantu memperluas wawasan para mahasiswa calon guru dan para guru dalam mengimplementasikan pembelejaran IPA di Sekolah Dasar dengan berpedoman pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Mengigat di dalam standar Isi (SI) dari KTSP hanya disebutkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, maka di dalam penyusunan KTSP IPA, guru dituntut untuk secara mandiri mengenbangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar sebagai indikator yang operasional dan kreatif sehingga dapat mendorong pengalaman belajar siswa menjadi bermakna. Untuk itulah, maka-di samping memuat ringkasan dokumen tentang KTSP-materi buku ini mengulas landasan konseptual pembelajaran IPA; cara meyusun silabus dan rencana pembelajaran berbasis KTSP yang dilengkapi dengan contoh-contohnya;serta contoh-contoh soal Olimpiade Sains Nasional.

Daftar Isi
  • Kata Pengantar
  • Prakata
  • Daftar Isi
  • Bab I. Pendahuluan
    • A. Latar Belakang
      B. Tujuan Penyusunan Buku
  • Bab II. Landasan Konsep Model Pembelajaran IPA dan Hakikat IPA
    • A. Landasan Konseptual Model Pembelajaran IPA
      B. Hakikat IPA
  • Bab III. Model Pembelajaran IPA
    • A. Pengertian, Pendekatan, Strategi, dan Model
      B. Model-model Pembelajaran Menurut Bruce Joyce dan Marsha Weil
      C. Model Pembelajaran IPA
  • Bab IV. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
    • A. Pengantar
      B. Pedoman Penyusunan KTSP
      C. Prinsip-prinsip Pengembangan KTSP
      D. Komponen KTSP
      E. Kalender Pendidikan
      F. Pengembangan Silabus
      G. Struktur KTSP
      H. Standar Isi IPA SD/MI
  • Bab V. Menyusun Silabus dan Rencana Pembelajaran Berbasis KTSP pada Mata Pelajaran IPA
    • A. Menentukan Alokasi Waktu dalam Semester
      B. Contoh Model Silabus
      C. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
      D. Contoh Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP)
  • Daftar Pustaka
K o l e k s i    B u k u :
PENDIDIKAN

Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

Tadkiroatun Musfiroh
Psikolinguistik:
Sebuah Pengantar

Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

Tadkiroatun Musfiroh
Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
(Seri Psikolinguistik)

Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Farida Agus Setiawati dkk.
Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Suryati Sidharto
Rita Eka Izzaty
Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam

Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro

Abd al-Fattah Abu Ghuddah
40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

Syahrin Harahap (editor)
Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

Azwar Anas dkk.
Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

A. Syafi'i Ma'arif
Pendidikan Islam di Indonesia
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana