TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia
xxviii + 376 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 979-1262-61-2

Harga: Rp.60.000

Buku ini dimaksudkan sebagai buku dasar Pengantar Ilmu Pendidikan, yang memuat pengkajian Ilmu Pendidikan secara lengkap. Di samping mencermati maslaah-maalah pendidikan kontemporer, pembaca juga diajak mencermati berbagai landasan filosofis dalam Ilmu Pendidikan, yang mencakup filsafat manusia, filsafal ilmu pengetahuan, filsafat etika-moral, dan konteks-konteksnya dalam perkembangan ilmu pengetahuan modern. Semantara itu, keberadaan berbagai ideologi dan paradigma pendidikan disajikan melalui kupasan mengenai konsepsi paradigmatik pendidikan dalam Ilmu Pendidikan (konservatif, liberal, dan radikal). Relevansi pendidikan dalam penguatan basis negara, masyarakat, agama, ekonomi, budaya, dan kelembagaan pendidikan.

Melalui berbagai tinjauan tersebut, fenomena pendidikan menampakkan gambaran yang empirik, semisal tarik-menarik kekuatan antar negara dan masyarakat;perihal konsep (ideal) pendidikan multikultural dan relevansinya bagi Indonesia; relevansi otonomi pendidikan bagi penyelesaian masalah pendidikan di tingkat mikro, dan sebagainya. Guna menguatkan makna relevansi pendidikan tersebut, buku ini melengkapinya dengan sajian tentang sejarah pendidikan dari masa prakolonial, masa kolonial, zaman pergerakan, masa orde lama, orde baru, serta pada masa setelahnya yang dikenal sebagai era reformasi.

Daftar Isi
  • Prakata (Catatan Edisi Pertama)
  • Prakata (Catatan Edisi Kedua)
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Daftar Tabel
  • Daftar Gambar
  • Bab I. Pendahuluan
    • 1. Pendidik: Panggilan Hati Nurani
      2. Praksis Ilmu Pendidikan: Kualitas Manusia adalah Kemerdekaan Berpikir
      3. Materi Sajian
  • Bab II. Dasar Filosofis
    • 1. Ilmu Pendidikan: Pendekatan Filsafat Manusia
      2. Ilmu Pendidikan: Pendekatan Filsafat Ilmu
      3. Ilmu Pendidikan: Pendekatan Etika dan Moral
      1. Ilmu Pendidikan dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan Modern
  • Bab III. Relevansi Pendidikan dalam Kehidupan Empiris
    • 1. Pendidikan dan Penguatan Basis Negara (Agus Salim)
      2. Penidikan dalam Penguatan Basis Masyarakat Agus Salim
      3. Pendidikan dan Penguatan Basis Agama (Ahcmad Munib)
      4. Pendidikan dan Penguatan Basis Ekonomi (Iama Sutadji)
      5. Pendidikan dan Penguatan Basis Budaya (Budiyono)
      6. Pendidikan Non Formal: Dari Pedagogi ke Andragogi (Agus Salim)
  • Bab IV. Ideologi dan Paradigma Pendidikan
    • 1. Konsepsi Paradigmatik dalam Ilmu Pendidikan
      2. Tiga Paradigma Pendidikan: Konservativ, Liberal, dan Radikal
  • Bab V. Sejarah Pendidikan di Indonesia
    • 1. Pendidikan Sebelum Masa Kolonial (Kunaryo Hadi Kusumo)
      2. Pendidikan Masa Kolonial (Sawa Suryana)
      3. Pendidikan Zaman Pergerakan (Agus Salim)
      4. Pendidikan Nasional: Lintas Waktu dan Kekuasaan (Agus Salim)
      5. Pendidikan Islam (Sugeng Haryadi)
      6. Pendidikan Kristen (Daniel Purnomo)
  • Bab VI. Pendidikan untuk Masa Depan
    • 1. Indigenisasi Ilmu Pendidikan di Indonesia (Agus Salim)
      2. Otonomi Pendidikan di Indonesia (Baedhowi)
      3. Pendidikan Multikultural (Agus Salim)
      4. Pendidikan untuk Orang Miskin: Investasi Modal Sosial (Harapan Lumban Gaol)
      5."Indonesia, Belajarlah!" (Andreas Harefa)
      6. Reposisi Peran Guru dalam Praksis Pembelajaran Modern (Nugroho)
      7. Kontoroversi dan Eksistensi Pendidikan Agama di Indonesia (M. Kholid Fathoni)
      8. Masa Depan Pendidikan Indonesia: Perkembangan dan Pelaksanaan Teori-Teori Kritis (Agus Salim)
  • Daftar Pustaka
  • Tentang Penulis
K o l e k s i    B u k u :
PENDIDIKAN

Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

Tadkiroatun Musfiroh
Psikolinguistik:
Sebuah Pengantar

Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

Tadkiroatun Musfiroh
Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
(Seri Psikolinguistik)

Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Farida Agus Setiawati dkk.
Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Suryati Sidharto
Rita Eka Izzaty
Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam

Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro

Abd al-Fattah Abu Ghuddah
40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

Syahrin Harahap (editor)
Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

Azwar Anas dkk.
Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

A. Syafi'i Ma'arif
Pendidikan Islam di Indonesia
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana