TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini
xviii + 234 hlm; 17 x 25 cm
ISBN: 979-1262-03-9

Harga: Rp.43.000

Bercerita adalah metode yang paling tua dalam pembelajaran seni bahasa. Metode ini memiliki sejumlah aspek yang diperlukan dalam perkembangan kejiwaaan anak-anak, seperti membantu perkembangan imajinasi anak; mendorong anak untuk mencintai bahasa; memberi wadah bagi anak-anak untuk belajar berbagai emosi dan perasaan. Di samping itu, metode bercerita mampu membawa suasana kelas menjadi lebih alamiah, bahkan sekalipun di dalamnya harus berlangsung transmisi suatu tatanan nilai budaya. Tidak mengherankan bila metode bercerita kemudian berperan penting di dalam sosialisasi nilai-nilai baru kepada anak-anak.

Buku ini mengkaji secara komprehensif metode bercerita, dari aspek teoretik-akademik hingga aspek praktik-edukatif. Dengan didukung berbagai hasil riset, pendekatan di dalam buku ini bersifat multidisiplin, mulai bidang sastra, psikolinguistik, pengajaran bahasa, pendidikan anak, hingga psikologi perkembangan. Di samping itu, di dalam buku ini juga disajikan tips-tips dari para praktisi cerita yang dapat digunakan sebagai acuan.

Materi buku ini ditulis dengan bahasa dan ulasan yang relatif mudah dipahami. Di samping itu cerita dan tips-tips bercerita yang disajikan dalam buku ini juga dapat dipraktikkan dengan mudah.

Buku ini dimaksudkan untuk membantu para pendidik ?terutama di lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini (TK/RA, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak)? dan para orangtua agar memiliki kompetensi untuk menyuguhkan cerita yang menarik dan berbobot bagi anak-anak.

Daftar Isi
  • I. Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini
  • II. Cerita dalam Pendidikan Anak Usia Dini
  • III. Karakteristik Cerita untuk Anak Taman Kanak-kanak
  • IV. Aspek-aspek yang Perlu Dikembangkan Melalui Cerita
  • V. Jenis dan Sumber Cerita
  • VI. Manfaat Cerita Bagi Anak
  • VII. Persiapan Sebelum Bercerita
  • VIII. Teknik Penyajian Cerita
  • IX. Teknik Menghidupkan Suasana Bercerita
  • X. Masalah Seputar Cerita dan Bercerita
  • XI. Kegagalan Bercerita
  • XII. Contoh Cerita untuk Anak Usia Dini
  • Daftar Pustaka
  • Indeks Istilah
  • Indeks Nama
K o l e k s i    B u k u :
PENDIDIKAN

Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

Tadkiroatun Musfiroh
Psikolinguistik:
Sebuah Pengantar

Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

Tadkiroatun Musfiroh
Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
(Seri Psikolinguistik)

Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Farida Agus Setiawati dkk.
Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Suryati Sidharto
Rita Eka Izzaty
Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam

Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro

Abd al-Fattah Abu Ghuddah
40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

Syahrin Harahap (editor)
Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

Azwar Anas dkk.
Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

A. Syafi'i Ma'arif
Pendidikan Islam di Indonesia
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana