TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter
x + 170 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 979-1262-14-4

Harga: Rp.30.000

Anak laksana buku yang tak pernah habis dibaca, setiap saat halamannya bisa bertambah dan berubah. Oleh karenanya, maka segala hal yang menyangkut pendidikan anak hendaknya dilakukan secara bertahap (gradual), terus-menerus, dan berkesinambungan, tak terkecuali dalam pengembangan karakter (character building) anak.

Bahasan materi buku ini bersangkutan dengan berbagai pendekatan dalam pengembangan karakter bagi anak, seperti misalnya ?metode hypnoparenting; ?pendekatan kasih sayang; ?penanganan anak hiperaktif; ?penanganan penderita bullying melalui pendidikan seni rupa, dan sebagainya. Digagas pula perihal kriteria pendidikan karakter untuk anak-anak Indonesia.

Di samping peran dari pendidik, orangtua, dan masyarakat dalam pendidikan dan pengembangan karakter anak (character building), tidak ketinggalan pula dibahas tentang peranan dunia ?ke-eyang-an? (grandparenthood) ?yakni tatkala kakek/nenek harus berperan sebagai pengasuh (caregivers) bagi cucunya? seperti ?hakikat eyang; ?hak & kewajiban eyang; ?gaya dasar keeyangan; serta ?peran vital eyang.

Dengan paparan lugas dan mudah dipahami, diharapkan buku ini dapat digunakan sebagai pengayaan wawasan bagi para mahasiswa, dosen, serta peneliti khususnya dalam mengkaji persoalan character building bagi anak usia dini; serta bagi pemerhati masalah anak, para orangtua; serta para (calon) kakek/nenek.

Daftar Isi
  • Bagian 1: Perspektif-perspektif tentang Character Building
    • Peranan Pendidikan dalam Membangun Karakter Anak
      • Kak Seto
    • Peranan Aktivitas Pengasuhan pada Pembentukan Perilaku Anak Sejak Usia Dini
      • Rita Eka Izzaty, M.Si., Psi.
    • Pengembangan Karakter Anak Melalui Pendidikan Karakter
      • Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum.
    • Mendidik dan Membangun Kemandirian Anak dengan Hypnoparenting
      • Eva Imania Eliasa, S.Pd.
    • Perlunya Penerapan Pendekatan Kasih Sayang dalam Proses Pembelajaran untuk Pengembangan Karakter Anak Didik
      • Das Salirawati, M.Si.
  • Bagian 2: Subjek-subjek Parenting
    • Meretas Pola Hubungan Kakek-Nenek dan Cucu dalam Mengembangkan Karakter Anak
      • dr. Probosuseno, Sp.P.D., K.Ger.
    • Menjadi Eyang yang Bijaksana
      • Umar Suwito, M.Pd.
    • Pengembangan Karakter Melalui Hubungan Anak-Kakek-Nenek
      • Anita Yus, M.Pd.
    • Pola Hubungan Ideal Anak-Pendidik untuk Pengembangan Krakter Anak
      • Sri Lestari Linawati, S.S.
    • Pengasuhan Ayah-Ibu yang Patut: Kunci Sukses Mengembangkan Karakter Anak
      • Mukti Amini, S.Pd., M.Pd.
    • Pola Hubungan Ideal antara Anak dengan Ayah-Ibu untuk Pengembangan Karakter Anak
      • Nova Indriati, S.E.
    • Learning Society sebagai Sarana Mencapai Generasi Penerus yang Memiliki Jati Diri Bangsa Indonesia
      • Dr. Farida Hanum, M.Si.
  • Bagian 3: Kasus dan Anomali
    • Peran Pendidikan Seni Rupa dalam Mengatasi Bullying Victim Akibat Parental Subjectivism
      • Drs. Hajar Pamadhi, M.A. (Hons.)
    • Keberhasilan Pendidikan Nilai bagi Anak Hiperaktif
      • Hermanto SP, M.Pd.
K o l e k s i    B u k u :
PENDIDIKAN

Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

Tadkiroatun Musfiroh
Psikolinguistik:
Sebuah Pengantar

Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

Tadkiroatun Musfiroh
Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
(Seri Psikolinguistik)

Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Farida Agus Setiawati dkk.
Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Suryati Sidharto
Rita Eka Izzaty
Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam

Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro

Abd al-Fattah Abu Ghuddah
40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

Syahrin Harahap (editor)
Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

Azwar Anas dkk.
Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

A. Syafi'i Ma'arif
Pendidikan Islam di Indonesia
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana