TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

viii + 44 hlm; 17 x 23 cm
ISBN: 978-602-19594-9-7

POD (Published on Demand)

Kegiatan berbicara di muka umum (public-speaking) merupakan keterampilan sosial yang menjadi salah satu primadona bagi banyak orang. Hampir semua orang kian menyadari manfaat besar dari kemampuan berbicara di depan publik tersebut. Untuk itulah, banyak orang kemudian berusaha untuk mengenali lebih dalam tentang unsur-unsur komunikasi publik, seperti kosa kata, struktur kalimat, struktur wacana, dan kemampuan argumentasi-persuasi.

Komunikasi publik tidak mungkin dilatihkan dalam waktu singkat, apalagi diajarkan. Namun, kemampuan seperti itu justru bisa dibiasakan sejak usia dini: anak dibiasakan mengobservasi sesuatu, menata informasi dari objek observasi, dan kemudian menyampaikan informasi tersebut secara efektif dan efisien kepada orang lain. Dalam jangka panjang, metode seperti ini akan menjadikan anak terbiasa dengan pelbagai keterampilan yang mendukung kemampuan komunikasi publik.

Show and tell merupakan salah satu metode pembelajaran tentang berbicara yang berorientasi pada penumbuhan kemampuan komunikasi publik. Metode ini telah terbukti ampuh dan banyak dipakai di Amerika Serikat dan Australia. Di Indonesia sendiri, metode ini belum cukup populer. Padahal jika didalami, metode show and tell mampu meningkatkan kemampuan berpikir secara objektif dan berbicara secara sistematis. Buku kecil ini diharapkan dapat mendorong keinginan khalayak pembaca, khususnya para guru dalam mengamalkan metode show and tell di kelas. Darinya diharapkan anak-anak sejak awal memiliki kesempatan berbicara dan sejak dini berkesempatan untuk belajar public-speaking.

Daftar Isi
    BAB I
    PENDAHULUAN
      A. Latar Belakang
      B. Tujuan Pengembangan Empati, Afiliasi-Resolusi Konflik, dan Kebiasaan Positif
      C. Tujuan Pengenalan Show and Tell

    BAB II
    Show and Tell
      A. Pengertian Show and Tell
      B. Keunggulan Show and Tell
      C. Manfaat Show and Tell
      D. Show and Tell untuk Keterampilan Sosial Anak

    BAB III
    EMPATI, AFILIASI-RESOLUSI KONFLIK, KEMANDIRIAN SEBAGAI KETERAMPILAN SOSIAL
      A. Pengertian Keterampilan Sosial
      B. Empati sebagai Keterampilan Sosial
      C. Afiliasi dan Resolusi Konflik
      D. Kebiasaan Positif

    BAB IV
    PETUNJUK PENGENALAN Show and Tell
      A. Karakteristik Penerapan Show and Tell
      B. Petunjuk Pengenalan Show and Tell
      C. Tata Cara Umum

    BAB V
    SHOW AND TELL UNTUK PENGEMBANGAN EMPATI
      A. Show and Tell dengan Benda Pribadi
      B. Show and Tell dengan Makanan
      C. Show and Tell dengan Gambar dan Foto
      D. Tata Cara Pelaksanaan Show and Tell
      E. Evaluasi Show and Tell

    BAB VI
    Show and Tell UNTUK PENGEMBANGAN AFILIASI-RESOLUSI KONFLIK
      A. Show and Tell dengan Benda Pribadi
      B. Show and Tell dengan Makanan
      C. Show and Tell dengan Gambar dan Foto
      D. Tata Cara Pelaksanaan Show and Tell
      E. Evaluasi Show and Tell

    BAB VII
    Show and Tell UNTUK PENGEMBANGAN KEBIASAAN POSITIF
      A. Show and Tell dengan Benda Pribadi
      B. Show and Tell dengan Makanan
      C. Show and Tell dengan Gambar dan Foto
      D. Tata Cara Pelaksanaan Show and Tell
      E. Evaluasi Show and Tell

    TANYA JAWAB
    RUBRIK PENGEMBANGAN EMPATI
    DAFTAR PUSTAKA
K o l e k s i    B u k u :
PENDIDIKAN

Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

Tadkiroatun Musfiroh
Psikolinguistik:
Sebuah Pengantar

Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

Tadkiroatun Musfiroh
Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
(Seri Psikolinguistik)

Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Farida Agus Setiawati dkk.
Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Suryati Sidharto
Rita Eka Izzaty
Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam

Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro

Abd al-Fattah Abu Ghuddah
40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

Syahrin Harahap (editor)
Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

Azwar Anas dkk.
Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

A. Syafi'i Ma'arif
Pendidikan Islam di Indonesia
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana