TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

xvi + 224 hlm; 14 x 21 cm
ISBN: 978-979-1262-58-3

Harga: Rp.55.000

Pesan 'perubahan' selalu menjadi isu sentral bagi dunia pendidikan, mengingat pendidikan adalah 'motor' pembaruan bagi bidang-bidang yang lain. Demikian pula halnya dalam pendidikan Islam. Berbagai perubahan pendidikan Islam pernah dilakukan, baik dilandasi oleh faktor kebutuhan internal (seperti pemberdayaan kurikulum) maupun karena faktor eksternal (semisal adopsi pendidikan). Gerakan-gerakan perubahan seperti itu, bagaimanapun, selalu membawa implikasi teoretik dan praktik. Pada tataran teoretik, implikasi itu tampak pada berkembangnya berbagai konsep dan pemikiran metodologis tentang pendidikan. Sedangkan pada ranah praktik, implikasinya tidak jarang menghadirkan suasana dikotomis dalam dunia pendidikan. Suasana dikotomis seperti itu utamanya tampak menonjol di wilayah-wilayah yang menjadi wilayah jajahan kolonialisme.

Buku ini memotret pergulatan pembaruan di dua wilayah yang kental dengan nuansa dikotomis seperti itu, yakni di Malaysia dan Indonesia. Melalui perspektif komparatif, kajian buku ini berusaha memetakan sistem gerakan dan sistem pendidikan dari lima lembaga pendidikan di masa kolonial, yakni dua lembaga pendidikan di Indonesia (Sumatera Thawalib dan Muhammadiyah) dan tiga yang lainnya di Malaysia (Madrasah Al-Iqbal Al-Islamiyah, Madrasah Al-Diniyah Kampung Lalang, Ma'had Il Ihya Assyarif).***

Daftar Isi
  1. Pendahuluan
    • Dikotomi Sistem Pendidikan Indonesia & Malaysia
    • Kondisi Pendidikan di Indonesia dan Malaysia: Pola yang Dualistis
    • Kajian Perbandingan Pendidikan
  2. Pendidikan Islam Prapembaruan
  3. Pemikiran Pembaruan
  4. Praktik Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia
    • Sumatera Thawalib
    • Muhammadiyah
  5. Praktik Pembaruan Pendidikan Islam di Malaysia
    • Madrasah Al-Iqbal Al-Islamiyah
    • Madrasah Al-Diniyah Kampung Lalang
    • Ma'had Il Ihya Assyarif
  6. Penutup
Daftar Pustaka
Indeks
K o l e k s i    B u k u :
PENDIDIKAN

Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

Tadkiroatun Musfiroh
Psikolinguistik:
Sebuah Pengantar

Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

Tadkiroatun Musfiroh
Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
(Seri Psikolinguistik)

Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Farida Agus Setiawati dkk.
Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Suryati Sidharto
Rita Eka Izzaty
Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam

Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro

Abd al-Fattah Abu Ghuddah
40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

Syahrin Harahap (editor)
Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

Azwar Anas dkk.
Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

A. Syafi'i Ma'arif
Pendidikan Islam di Indonesia
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana