|
|
| |
|
|
Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum
Psikolinguistik Edukasional Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa Edisi Kedua
xxii + 256 hlm; 17 x 25 cm
ISBN: 978-979-1262-65-1
Harga: Rp.87.000 | Buku ini sangat mungkin menjadi buku psikolinguistik edukasional pertama di Indonesia bagi kalangan pemerhati pendidikan, dosen, guru dan mahasiswa. Psikolinguistik edukasional adalah psikolinguistik dengan fokus bahasan pada bagaimana membelajarkan bahasa secara tepat. Pembaca akan diarahkan untuk menemukan solusi berdasarkan perspektif psikolinguistik. Diawali dengan bahasan tentang pokok-pokok psikolinguistik, buku ini menguraikan empat keterampilan bahasa, yakni menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, masing-masing beserta permasalahannya. Sekuen bahasan tersebut dimaksudkan sebagai pintu pembuka untuk mengenal medan masalah dan prediktor evaluasi sebelum menerapkan strategi pembelajaran bahasa di kelas.
Ada empat landasan utama dari buku ini. Pertama, landasan teoretis untuk memahami dasar-dasar teori psikolinguistik terkait pembelajaran bahasa. Kedua, landasan implementasi teoretik untuk membantu pembaca menerapkan teori ke dalam kelas. Ketiga, landasan riset yang bisa memandu pembaca membuat rencana dan mengembangkan riset PTK atau eksperimen di kelas. Keempat, landasan implikatif yang memungkinkan pembaca mengembangkan pengetahuan psikolinguistik ke arah yang lebih kompleks.
Selamat membaca.
| |
DAFTAR ISI
- Bab 1.
Hakikat Psikolinguistik Edukasional
- Pengertian Psikolinguistik
- Cabang Psikolinguistik
- Psikolinguistik Edukasional
- Psikolinguistik Edukasional dan Pemrosesan Bahasa
- Bab 2.
Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa: Teori dan Implementasinya
- Pengertian Teori
- Teori Pemerolehan Bahasa
- Bab 3.
Belajar Bahasa dan Periode Kritis
- Hakikat Belajar Bahasa
- Periode Kritis
- Lokalisasi dan Lateralisasi Hemisferik
- Bab 4.
Memori Dan Pembelajaran Bahasa
- Pengertian Memori
- Komponen Memori
- Memorisasi
- Letak Memori
- Memori dan Pembelajaran
- Pemeliharaan dan Pemanfaatan Memori dalam Pembelajaran
- Bab 5.
Pemerolehan Bahasa Pertama
- Bagaimana Anak Belajar Bahasa
- Pemerolehan Fonem
- Pemerolehan Leksikon dan Semantik
- Pemerolehan Kalimat
- Pemerolehan Pragmatik
- Bab 6.
Metode Pengajaran Bahasa Kedua
- Pengertian Bahasa Kedua
- Dimensi Utama Pengajaran Bahasa Kedua
- Metode Tradisional
- Metode-metode Transisi
- Metode-metode Kontemporer
- Bab 7.
Bilingualisme dan Strategi Pembelajaran Bahasa
- Bilingualisme
- Transfer dan Interferensi Bahasa
- Strategi Belajar Bahasa
- Bab 8.
Menyimak dan Permasalahannya
- Pengertian Menyimak
- Menyimak dan Komprehensi
- Proses Menyimak
- Permasalahan Menyimak
- Implikasi Menyimak
- Bab 9.
Berbicara dan Permasalahannya
- Hakikat Berbicara dan Ujaran
- Proses Berbicara
- Permasalahan Berbicara
- Monitoring Diri Selama Berbicara
- Bab 10.
Membaca dan Permasalahannya
- Hakikat Membaca
- Proses Membaca
- Whole Word versus Phonics
- Model Dinamik Membaca
- Pembaca Terampil dan Pembaca Efisien
- Program Membaca secara Psikolinguistik
- Disleksia
- Bab 11.
Menulis dan Permasalahannya
- Sistem Penulisan
- Tahap-tahap Menulis
- Permasalahan Menulis
- Disgrafia
- DAFTAR PUSTAKA
- INDEKS
| |
|
|
|
|
| | |  | |
| | Dr. Tadkiroatun Musfiroh, M.Hum | Psikolinguistik Edukasional Psikolinguistik untuk Pendidikan Bahasa Edisi Kedua | | | | | | |  | |
| | Hary Gunarto | Glossary of Information Technology and Computer Terms : English-Indonesian-Malay | | | | | | |  | |
| | Mabel Powers | Dongeng Anak Indian Iroquois | | | | | | |  | |
| | Dr. Mulyana, M.Hum. | Bahasa Jawa Kreatif: Panduan Lengkap Menulis dalam Bahasa Jawa | | | | | | |  | |
| | Soeparno | Dasar-Dasar Linguistik Umum, Edisi Kedua | | | | | | |  | |
| | Safarina HD | Parkit: Sebuah Antologi Puisi | | | | | | |  | |
| | Tri Irianto | Bau Bayi Terapiku dan 20 Cerita Pendek Lainnya | | | | | | |  | |
| | Kariyoso Haji | Bianglala Gerimis Senja (Jangan Pernah Ragukan Cintaku) | | | | | | |  | |
| | Pardi Suratno & Yudianti Herawati | Perjalanan Puisi Kalimantan Timur: dari Orde Lama hingga Kontemporer | | | | | | |  | |
| | Prof. Soeparno | Aliran Tagmemik: Teori, Analisis, dan Penerapan dalam Pembelajaran Bahasa | | | | | | |  | |
| | Anwar Efendi | Bahasa & Sastra Dalam Berbagai Perspektif | | | | | | |  | |
| | Dr. Ibnu Burdah, MA | Bahasa Arab Internasional | | | | | | |  | |
| | Ahmad Sangid & Indra Gunawan | Kamus Percakapan Bahasa Arab Sehari-Hari | | | | | | |  | |
| | Anies MQ | Duh Gusti, Ajari Aku Jatuh Cinta a poetical diary by Anies MQ | | | | | | |  | |
| | Pangesti Wiedarti, Ph.D. (editor) | Menuju Budaya Menulis, Suatu Bunga Rampai | | | | | | |  | |
| | H.Akhmad Sangid | Kamus Istilah Arab Indonesia | | | | | | |  | |
| | Mulyana | Kajian Wacana | | | | | | |  | |
| | Ibnu Burdah | Menjadi Penerjemah: Metode dan Wawasan Menerjemah Teks Arab | | | | | | |  | |
| | Dibyo | Samin, Manusia Kontroversial | | | | | | |  | |
| | F.C. Winter dan T. Soegiatno | Kamus Jawa-Belanda, Belanda-Jawa | | | |
|