TEMA BUKU
 Bahasa & Sastra 
 Ekonomi Politik 
 Filsafat 
 Hukum 
 Internasional 
 Islam 
 Geografi 
 Budaya 
 Pariwisata 
 Pembangunan 
 Pendidikan 
 Politik 
 Psikologi 
 Sejarah 
 Sosial 
 Tata Negara 
 Wanita 
 Statistik 
 Teori dan Metodologi 
 Populer 


  I n f o    B u k u
 
Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah
xvi + 178 hlm; 14,5 x 21 cm
ISBN: 979-9340-13-6

Harga: Rp.24.500

BICARA tentang pendidikan di Indonesia, maka orang tak mungkin melepaskan pembicaraan tentang institusi pendukungnya, yakni pesantren, madrasah dan sekolah (agama). Ketiga intitusi ini merupakan penopang gerak langkah dan dinamika dari apa yang dinamakan dengan pendidikan Islam di Indonesia.

Barangkali kajian tentang ketiga intitusi tersebut telah banyak dilakukan orang. Hanya saja, biasanya kajiannya bersifat satu persatu, dan jarang sekali yang meletakkan kajian ketiga institusi pendidikan Islam di Indonesia secara bersamaan. Itu pun kajian yang menyangkut eksisitensi (ketiga institusi tersebut) belum banyak mendapatkan perhatian.

Kami ingin memberikan kepada masyarakat pembaca suatu kajian tentang institusi pendidikan Islam di Indonesia dari segi eksistensinya, yang sering dilupakan orang. Setidaknya, sebagai bahan perbandingan terhadap buku yang selama ini beredar. Jadi, buku ini, tentu saja, akan sangat bermanfaat bagi mereka yang meminati kajian tentang pendidikan Islam di Indonesia, karena data-datanya yang langsung menukik pada eksistensi ketiga institusi pendidikan Islam di Indonesia.

Daftar Isi
  • Bab I. Pendahuluan
  • Bab II. Pesantren
  • Bab III. Sekolah
  • Bab IV. Madrasah
  • Bab V. Pendidikan Islam Masa Depan
  • Daftar Kepustakaan
  • Indeks
K o l e k s i    B u k u :
PENDIDIKAN

Muh. Saerozi
Pembaruan Pendidikan Islam:
Studi Historis Indonesia dan Malaysia 1900-1942

Tadkiroatun Musfiroh
Psikolinguistik:
Sebuah Pengantar

Tadkiroatun Musfiroh
Show and Tell Edukatif:
Panduan Pengembangan Social Skill
Anak Usia Dini

Tadkiroatun Musfiroh
Pemerolehan Keaksaraan Pada Anak
(Seri Psikolinguistik)

Arismantoro (peny.)
Tinjauan Berbagai Aspek CHARACTER BUILDING, Bagaimana Mendidik Anak Berkarakter

Mbak Itadz
Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini

Agus Salim. MS dkk
Indonesia Belajarlah Membangun Pendidikan Indonesia

Sri Sulistyorini
Model Pembelajran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP

Tadkiroatun Musfiroh
Ni Nyoman Seriati
Yulia Ayriza
Afiliasi & Resolusi Konflik: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Farida Agus Setiawati dkk.
Empati: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Suryati Sidharto
Rita Eka Izzaty
Pengembangan Kebiasaan Positif: Social Life Skill untuk Anak Usia Dini

Abdullah Idi dan Toto Suharto
Revitalisasi Pendidikan Islam

Suwarna, dkk.
Pengajaran Mikro

Abd al-Fattah Abu Ghuddah
40 Strategi Pembelajaran Rasulullah

M. Saerozi
Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme: telaah historis atas kebijaksanaan pendidikan agama konfesional di Indonesia

Abdurrahman Assegaf
Pendidikan Tanpa Kekerasan: Tipologi, Kondisi, Kasus dan Konsep

Haidar Putra Daulay
Historisitas dan Eksistensi Pesantren, Sekolah dan Madrasah

Syarif Hidayatullah
Intelektualisme Dalam Perspektif Neo-Modernisme

Syahrin Harahap (editor)
Perguruan Tinggi Islam di Era Globalisasi

Azwar Anas dkk.
Kompetensi PTIS Dalam Menghadapi PJP II

A. Syafi'i Ma'arif
Pendidikan Islam di Indonesia
 Copyright © 2017
Website designed by
Penerbit Tiara Wacana